Jika di Kabupaten Kediri anda berjumpa dengan Kampung Inggris Pare, maka di Kabupaten Malang anda bertemu dengan Desa Inggris Singosari. Desa Inggris Singosari merupakan salah satu nama kompleks belajar di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tepatnya di Jl. Pesantren No. 26 RT 05 RW 03. Dijuluki Desa Inggris Singosari karena disini merupakan salah satu tempat yang menyediakan fasilitas belajar Bahasa Inggris. Sebutan Desa Inggris Singosari berawal dari didirikannya lembaga belajar Bahasa Inggris bernama Indocita Foundation oleh Bpk. Avin Nadhir pada 6 Juni 2008. Lima tahun berlalu, tepatnya 15 September 2013, akhirnya Bupati Malang meresmikan daerah sekitar Indocita Foundation sebagai Desa Inggris Singosari.

Ini berawal dari sebuah pengalaman yang Bpk. Avin Nadhir alami, Malang termasuk kota yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan pendidikan. Hal ini beliau lakukan karena beliau pun juga sempat mengenyam sulitnya mendapat pendidikan karena keterbatasan biaya. Ada beberapa murid dan alumni Desa Inggris Singosari yang sama sekali tidak dipungut biaya dalam proses belajar Bahasa Inggris. Siswa yang belajar di Desa Inggris Singosari ini kebanyakan masih berstatus sekolah dasar dan menengah. Mereka yang datang belajar Bahasa Inggris di Desa Inggris Singosari kini sudah berasal dari berbagai daerah. Dulu, didominasi dari area Kecamatan Singosari dan Lawang. Kini sudah mulai didatangi dari daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Sebagian pengajar yang ditempatkan disini merupakan alumni dari Desa Inggris Singosari sendiri. Gelar sarjana mereka dapatkan atas sokongan dana dari para donatur, tentu saja ini bagi mereka yang tak mampu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Tidak hanya professional di bidang akademis, para trainer juga dituntut untuk ramah dan memberi kenyamanan belajar bagi para siswa.

Melihat pembelajaran di sekolah yang hampir monoton membuat Bpk. Avin membidik fokus kreatifnya. Menyajikan situasi belajar yang sangat berbeda dengan suasana belajar di kelas formal pilihannya. Suasana yang dibentuk yakni dengan lesehan di ruang terbuka. Selain itu juga ada yang berada di ruangan yang telah disediakan.

Di Desa Inggris Singosari ini juga tersedia fasilitas English camp. Di camp, siswa dididik dengan sistem seperti pondok pesantren. Ini dalam artian seluruh siswa dipandu oleh para trainer. Materi dan praktik ibadah juga disampaikan setiap hari selain pemahaman Bahasa Inggris. Penguatan penguasaan Bahasa Inggris di tempat yang mendukung fokus belajar sudah mulai dilirik oleh masyarakat luas. Hal ini terlihat dengan kunjungan-kunjungan dari sekolah-sekolah sekitar Malang Raya dan Pulau Jawa ke Desa Inggris Singosari. Adanya lembaga belajar Bahasa Inggris ini mengimbas pada kehidupan masyarakat sekitar. Ada keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak. Indocita Foundation memberikan sarana asrama bagi para siswa dengan menyewa rumah atau bangunan milik masyarakat sekitar. Dengan begitu, perekonomian warga setempat semakin terbantu dengan adanya penghasilan tambahan tersebut.